Cara Flashing Samsung Galaxi Young

By | 10:39 AM Leave a Comment
Biasanya kita lakukan flashing ketika system sudah tidak stabil. Bisa juga apabila ponsel sering terjadi error, sering nge-lag, Selain itu pada kasus gagal start up, mau tidak mau kita harus mem-flash ulang rom untuk memperbaiki ponsel android yang mengalami bootloop tersebut.
dan cara ini sudah saya coba di hape android galaxi ace plus juga.

Baik, kalau Flashtool digunakan untuk ponsel tipe xperia maka untuk Samsung kita pakai software bernamaOdin. Odin dikhususkan untuk pengguna Samsung karena struktur dari kedua tipe ponsel diatas berbeda. Kita menggunakan file berekstensi FTF pada flashtool, sedangkan Odin memakai file dengan ekstensi md5 dan terkadang terbagi menjadi tiga jenis. Ada CSC, MODEM, dan PDA.


Berikut ini langkah-langkah flashing Samsung galaxy young menggunakan Odin.
Pertama persiapkan bahan, sebuah ponsel Samsung galaxy young, Kabel Data USB, ROM –download disini–, Driver –download disini–, dan Odin versi 1.85 –download disini–.

Install driver tersebut di PC anda. Kemudian ekstrak ROM dan Odin di drive manapun –tidak harus dalam satu drive–.

Pada saat anda meng-ekstrak Odin, matikan anti virus anda karena biasanya anti virus mengenali software tersebut sebagai virus. Kedua, buka Odin. Seperti ini tampilan Odin v1.84 :
Odin, Samsung Galaxy Young, Flashing via Odin
Odin
Isikan file-file ROM ke tempatnya masing-masing (CSC, MODEM, PDA) seperti pada gambar. File CSC di tombol CSC, file MODEM di tombol PHONE, dan file PDA di tombol PDA. Kosongkan yang lain.

Selanjutnya sambungkan ponsel anda dengan PC dalam kondisi Download Mode. Caranya, matikan terlebih dahulu ponsel anda, kemudian tekan tombol power + volume down + tombol home secara bersama-sama. Nanti akan muncul tampilan gambar seperti ini :
Odin, Samsung Galaxy Young, Flashing via Odin
Warning
 Tekan saja tombol volume up untuk instruksi melanjutkan.
Odin, Samsung Galaxy Young, Flashing via Odin
Download Mode
Gambar diatas merupakan tampilan Download Mode setelah anda tekan volume up yang berarti continue. Setelah masuk Download Mode, tancapkan kabel USB dari ponsel ke PC.

Pastikan anda sudah menginstall driver. Tunggu hingga muncul kotak berwarna kuning. Apabila sudah keluar, itu tandanya ponsel galaxy young anda sudah siap untuk di flash.
Odin, Samsung Galaxy Young, Flashing via Odin
Ready
Tahap terakhir, tekan start. Biarkan proses berjalan hingga akhirnya keluar tulisan PASS pada odin.
Odin, Samsung Galaxy Young, Flashing via Odin
Pass - SUCCESS
Selamat anda sudah berhasil mem-flash rom Samsung galaxy young kesayangan anda :)

NB : Pada tutorial ini saya gunakan Odin v1.85 namun berhubung tidak saya pratekkan langsung jadi mustahil saya dapatkan screenshot-screenshot seperti diatas sehingga saya carikan screenshot di sebuah situs india dan yang saya temukan screenshot memakai Odin v1.84.

Untuk PIT & Unlock Bootloader dikosongkan.
okay demikaianlah yang bisa saya bagi untuk kalian hari ini,semoga artikel ini bermanfaat untuk semua sahabat Jb -mania ,,, Cheers !
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.