Cara Backup Dan Restore IMEI atau EFS Pada Samsung Galaxi

By | 10:01 AM 1 comment

Backup dan Restore--EFS-Samsung-Galaxy
Saya tidak yakin berapa banyak dari Anda mengunjungi halaman ini akrab dengan kehadiran dan pentingnya hal EFS bahwa kita akan bicarakan hari ini! Sebenarnya, saya sering mendengar orang-orang yang meminta untuk menawarkan solusi dari masalah yang membuat mereka tidak dapat membuat panggilan, mengirim pesan, akses internet atau konektivitas terkait hal. Bayangkan ponsel tanpa koneksi jaringan sama sekali dan Anda kemudian akan menyadari betapa mengerikan itu!
Jadi, jika EFS sangat penting hal, itu harus dilestarikan sehingga Anda mungkin dapat menggunakan semua fitur konektivitas perangkat Anda. Hal ini ditemukan di semua perangkat mobile yang memiliki IMEI ( International Mobile Equipment Identity) number ditugaskan untuk itu tapi lokasi dan direktori di mana disimpan mungkin berbeda. Pada perangkat Samsung Galaxy, data konektivitas lainnya IMEI dan disimpan dalam folder tertentu yang saya telah disebutkan beberapa kali sejauh ini.

Apa EFS?

Setelah membaca tentang peran EFS pada Anda telepon Samsung Galaxy atau tablet perangkat, Anda harus sedikit lebih penasaran ingin tahu sesuatu yang lebih tentang hal itu. EFS adalah direktori yang berisi sistem perangkat tertentu informasi penting seperti IMEI nya, perangkat nirkabel alamat MAC , versi baseband, kode produk, sistem ID dan data NV.
Dalam kasus direktori EFS rusak atau hilang, ponsel atau tablet pasti kehilangan nomor IMEI dan nirkabel dan konektivitas jaringan. Anda mungkin bertanya bagaimana dan mengapa data EFS pada perangkat Anda mungkin hilang atau rusak? Jawabannya cukup sederhana dan alasannya mungkin aktivitas berani di pihak Anda. Kadang-kadang berkedip custom Kernel (seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna) dan dalam kebanyakan kasus menginstal ROM kustom bertanggung jawab atas kehilangan data EFS.
Dengan cara ini, EFS atau IMEI kerugian sangat terkait dengan apa yang Anda lakukan setelah rooting perangkat Samsung Galaxy Anda. Menjaga hal ini dalam pikiran sebagian besar pengembang ROM kami menyisipkan script yang secara otomatis membuat cadangan data EFS pada SD Card eksternal sehingga Anda mungkin mengembalikannya kembali dalam kasus kehilangan atau korupsi. Tapi itu tentu tidak bijaksana untuk mengandalkan membabi buta pada kebijaksanaan orang lain. Itu sebabnya, setiap kali kita menulis tutorial instalasi untuk ROM kustom untuk perangkat Galaxy, kami memperingatkan pengguna untuk EFS backup sebelum terlibat dalam setiap kegiatan pembangunan kustom.
Sayangnya, kebanyakan orang datang untuk tahu tentang hal yang disebut "EFS" hanya ketika sudah terlambat. Setelah hilang tanpa didukung, pulih menjadi sangat banyak seperti sia-sia. Anda mungkin pernah mendengar atau menghadapi masalah pribadi bila perangkat Anda menunjukkan ketidakmampuan untuk me-mount EFS:
E: gagal untuk me-mount / EFS (argumen yang tidak valid)
gagal-to-mount-EFS
Jika Anda mendapatkan pesan ini pada layar ponsel Anda, percayalah Anda sudah masuk ke masalah serius. Tentu saja, ada cara untuk mengembalikan data EFS, tetapi mereka tidak tersedia untuk semua perangkat secara online atau mereka tidak bekerja sama sekali.
Telah dikatakan dengan baik bahwa "mencegah lebih baik daripada mengobati" dan mengatakan ini terus cukup benar dalam kasus ini juga. Oleh karena itu, hal pertama yang kita harus lakukan setelah rooting dan menginstal perangkat pemulihan kustom satu adalah untuk cadangan EFS dan saham berakar firmware. Untuk tips lebih mencerahkan, jangan lupa untuk membaca artikel berikut:

Alasan Rugi EFS Data atau Korupsi:

  • Manual upgrade dan merendahkan firmware. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka kehilangan IMEI mereka selama resmi OTA update.
  • Instalasi ROM kustom atau mod mungkin menyalahgunakan konfigurasi sistem, sehingga EFS korup.
  • Setiap jenis flashing buruk, bentrokan antara sistem kernel baru dan lama juga dapat menyebabkan korupsi data EFS dan kehilangan IMEI.

Alat dan Metode untuk Backup dan Restore EFS


EFS Profesional:

Sebagai sangat judul artikel ini mengatakan, kita akan menceritakan tentang solusi yang sangat mudah untuk backup EFS pada perangkat Samsung Galaxy Anda. Ini adalah alat yang sederhana namun indah yang dikembangkan oleh anggota XDA LiquidPerfection yang membuat pekerjaan ini menjadi mainan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Alat ini disebut EFS Profesional dan mendukung sebagian besar berbagai Galaxy perangkat Android dari Samsung.
The versi terbaru dari perangkat lunak juga mendukung Samsung Galaxy S4 International (GT-i9500), Galaxy S4 LTE (GT-I9505), AT & T S4 (SGH-I747), Verizon Galaxy S4 (SCH-I545) dan lain-lain. Saya juga telah diuji pada Galaxy S3, S2, Catatan 2 dan Catatan 10.1. Selain itu, EFS Professional bekerja dengan ponsel Galaxy dan tablet lainnya juga.

Fitur EFS Profesional:

  • Backup dan mengembalikan gambar partisi ke dan dari dalam format tar.gz.
  • Mendeteksi cadangan arsip secara otomatis pada perangkat dan PC untuk kerumitan bebas memulihkan
  • Dukungan perangkat penyaring untuk memungkinkan menampilkan partisi penting untuk berbagai perangkat
  • Ekstrak dan membaca file PIT perangkat untuk memastikan backup efisien dan akurat dan mengembalikan operasi
  • Periksa MD5 hash untuk memverifikasi integritas data tertulis
  • Format EFS untuk menghapus semua data dan menciptakan partisi
  • Perangkat Qualcomm dukungan Samsung
  • Pilihan untuk menampilkan berbagai perangkat, ROM dan informasi BusyBox terkait di klik tombol
  • Mengembalikan data NV dari intern '* bak.' file jika mereka ada untuk memperbaiki korup atau salah nomor IMEI
  • Perbaikan NV kepemilikan file data untuk memperbaiki 'baseband tidak diketahui' dan masalah 'Tidak ada sinyal'
  • NV Backup dan Restore NV pilihan untuk perangkat AS hanya varian

Persyaratan:

Sebelum Anda dapat backup data EFS perangkat Anda dengan aman ke perangkat Anda dan PC keduanya, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • A Device Samsung Galaxy dengan akses root (pemulihan kustom tidak diperlukan). Jika Anda belum berakar perangkat Anda, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan mudah kami Tutorial Rooting .
  • The EFS Profesional alat :  EFS_Professional_2.0.91_Release.Zip   [ Cermin Link ]
  • . Microsoft NET Framework diinstal pada komputer Anda:  DotNetFx40_Full_setup.Exe
  • Samsung Driver USB atau Kies terpasang pada PC Anda: Unduh
  • Menginstal aplikasi BusyBox stabil versi 1.20.2 pada telepon Anda. Menginstal aplikasi pada ponsel Anda membukanya. Tekan pada "BusyBox" nomor versi dan pilih BusyBox 1.20.2. Akhirnya, kemudian tekan "Install" dan menginstalnya sebagai "Smart Install".
  • Mengisi perangkat Anda untuk memastikan tingkat baterai 60%.
  • Aktifkan USB Debugging Mode di ponsel atau tablet dari "Pengembang Options" pada perangkat Anda: Baca Panduan Ini

Menggunakan EFS Profesional EFS Backup:

Jadi, apakah Anda pikir Anda siap beraksi sekarang? Pastikan Anda telah membuat semua persiapan yang dijelaskan di atas. Jika ya, mari kita mulai sekarang.
  1. Ekstrak "EFS_Professional.zip" pada desktop Anda.
  2. Hubungkan perangkat Galaxy Anda ke PC menggunakan kabel USB. Pastikan USB Debugging diaktifkan.
  3. Jalankan  EFS Professional.exe file sebagai administrator. Melakukan hal ini akan meminta sebuah jendela pop-up seperti ditunjukkan di bawah ini:EFS Profesional
  4. Klik pada "EFS Professional" .
  5. Sekarang Anda akan melihat jendela baru. Setelah perangkat terdeteksi, bagian bawah jendela akan menunjukkan status perangkat dan info seperti nomor model, versi firmware, akar dan versi BusyBox, dll
  6. Klik pada "Backup" tab dan kemudian klik pada "Device Filter" dropdown dan pilih model ponsel Anda. Jika Anda tidak melihatnya tercantum, klik "Refresh" tombol dan kemudian memilihnya.
  7. EFS Profesional sekarang akan menampilkan partisi sistem di mana data EFS perangkat Anda berada. Periksa "Pilih Semua" kotak.backup-Keyakinan-on-samsung-galaxy
  8. Akhirnya, klik "Backup" dan data EFS Anda akan didukung ke telepon Anda dan PC keduanya. The backup pada PC dapat ditemukan di EFS Profesional folder di dalam "EFSProBackup" dan terlihat seperti ini: "GT-I9500_2013618_222210.tar.gz"

Bagaimana Kembalikan EFS / IMEI:

Setelah didukung data EFS Anda, Anda mungkin mengambil napas tenang dan merasakan keamanan, tetapi juga penting untuk menjadi akrab dengan metode bagaimana Anda dapat mengembalikannya kembali ke perangkat Samsung Galaxy Anda jika Anda kehilangan itu.
  1. Hubungkan perangkat Anda ke PC
  2. Peluncuran EFS Profesional dan klik "Restore" tab.
  3. Sekarang klik pada menu drop-down di "Restore opsi" bagian dari jendela dan pilih sebelumnya didukung berkas.restore-EFS-on-samsung-galaxy
  4. Anda juga dapat memformat EFS saat ini rusak secara langsung.
  5. Sekarang klik pada "Restore" tombol.
Anda Samsung Galaxy perangkat EFS / IMEI sekarang harus dikembalikan kembali ke lokasi semula. Dia * # 06 # pada keypad ponsel Anda untuk memeriksa memiliki nomor IMEI atau tidak.

Beberapa Screenshots untuk Referensi:

EFS Backup Menggunakan kTool:

Ada lagi utilitas berguna untuk membuat cadangan EFS dan NV data pada perangkat Samsung Galaxy Anda. Ini adalah aplikasi gratis dan disebut kTool. Karena itu adalah sebuah utilitas berbasis telepon, lebih mudah untuk digunakan. Hal ini mendukung hampir semua perangkat Samsung kecuali perangkat LTE berbasis Qualcomm.
Backup-EFS-imei-kTool
Tak perlu dikatakan bahwa aplikasi menuntut akses root pada ponsel Anda dan selain mencadangkan dan memulihkan data EFS / IMEI / NV sensitif, juga dapat melakukan berbagai tugas lain seperti-
  • Boot perangkat ke Download dan Pemulihan modus
  • Dump dan kernel Flash (dan pemulihan) untuk / sdcard / zImage
  • Flash pemulihan dari / sdcard / recovery.bin
Catatan: Jika Anda melihat bahwa lockscreen ponsel Anda tidak bekerja dengan baik setelah membuat cadangan EFS, pergi ke Pengaturan Lanjut dalam menu kTool dan mengaktifkan   "EFS Alternatif Metode Dump" .
Ambil kTool Terbaru:
kTool
Unduh @
Google Play
Developer: Hellcat
Harga: Gratis 

EFS Backup / Restore via Aroma Installer:

Anda mungkin sudah akrab dengan Aroma. Ini adalah installer pemulihan kustom berdasarkan yang dapat menginstal mods kustom, ROM dan skrip. Tidak seperti CWM atau TWRP, Aroma Installer memungkinkan pengguna memilih dari berbagai pilihan dan menyediakan instalasi disesuaikan. Jika Anda memiliki telepon berakar dengan salah satu dari pemulihan tersebut di atas diinstal di atasnya, Anda dapat men-download Aroma Installer dari bawah dan backup data EFS ponsel Anda dan, jika diperlukan, mengembalikan nanti.

Downloads:

Download salah satu dari Aroma berikut installer-

Cara Menggunakan Aroma Installer:

  1. Salin installer paket zip Aroma ke telepon Anda.
  2. Matikan telepon Anda dan boot ke recovery mode. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan Volume Up + Home + Power tombol pada saat yang sama selama sekitar 4-6 detik.
  3. Ketika Anda berada di CWM atau mode recovery TWRP, pergi ke "install zip dari sdcard> pilih zip dari sdcard" dan kemudian pilih installer zip. Pengguna TWRP hanya dapat menekan "Instal" tombol dan pilih file.
  4. Bila diminta, mengkonfirmasi tindakan.
  5. Melakukan hal ini akan membawa Anda ke antarmuka Aroma Installer. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah untuk memilih pilihan yang dikehendaki dan tekan Berikutnya tombol.
-EFS-backup-in Aroma

Menggunakan Terminal Emulator untuk Backup / Restore EFS:

Para pengguna yang memiliki perangkat Samsung Galaxy dengan akses root tapi tidak ada pemulihan kustom dapat menggunakan aplikasi gratis yang disebut Terminal Emulator untuk cadangan dan memulihkan EFS pada perangkat mereka. Berikut adalah bagaimana hal itu bisa dilakukan:
  1. Download dan install aplikasi Emulator Terminal pada ponsel Anda: 
  2. Buka aplikasi dan memberikan izin SuperUser saat Anda diminta untuk melakukannya.
  3. Bila Anda melihat kotak Terminal Emulator, ketik perintah berikut:
    • Untuk EFS backup pada SD Card eksternal:
      dd if = / dev/block/mmcblk0p3 of = / storage / sdcard / efs.img bs = 4096
    • Untuk EFS backup pada SD Card eksternal:
      dd if = / dev/block/mmcblk0p3 of = / storage / extSdCard / efs.img bs = 4096
  4. Harap dicatat bahwa semua perintah bersifat case sensitif dan bahkan kesalahan kecil akan hider cadangan sukses. Ketik baris perintah dengan hati-hati.EFS backup terminal emulator
  5. Jika semuanya berjalan baik-baik saja, data yang EFS Anda akan mundur ke penyimpanan internal atau eksternal perangkat Anda.
  6. Jangan lupa untuk menyimpan data back up ke komputer Anda atau penyimpanan awan untuk keamanan dan digunakan di masa depan. Anda dapat menemukan file ini sebagai "EFS.img" pada perangkat Anda.
Sekarang di sini adalah bagaimana Anda dapat mengembalikan EFS didukung menggunakan Emulator Terminal:
Peluncuran aplikasi dan ketik perintah berikut tergantung pada lokasi file EFS.img:
  • Untuk mengembalikan EFS pada SD Card eksternal:
    dd if = / storage / sdcard / efs.img of = / dev/block/mmcblk0p3 bs = 4096
  • Untuk mengembalikan EFS pada SD Card eksternal:
    dd if = / storage / extSdCard / efs.img of = / dev/block/mmcblk0p3 bs = 4096

Catatan:

Dalam hal metode Emulator terminal (menggunakan perintah di atas) tidak bekerja untuk Anda, itu mungkin karena lokasi partisi EFS pada ponsel Anda. Untuk memperbaiki itu, Anda dapat mencoba ini:
  • Instal aplikasi file root Browser: 
    Akar Browser
    Unduh @
    Google Play
    Pengembang: JRummy Apps Inc
    Harga: Gratis 
  • Buka aplikasi dan pergi ke dev / direktori blok dan mencatat jalan yang tepat dari file data EFS.
  • Sekarang edit path file pada command line sesuai:
    dd if = / dev/block/mmcblk0p3 of = / storage / sdcard / efs.img bs = 4096

Backup / Restore EFS Menggunakan CWM / TWRP:

Anda juga dapat EFS backup menggunakan alat pemulihan kustom seperti TWRP dan Philz Recovery. Saya tidak berpikir Anda membutuhkan panduan untuk melakukan itu. Berikut adalah screenshot dari TWRP from my Galaxy S4. Pilihan ini ditemukan di bawah Backup kepala.
Keyakinan-backup-galaksi-S4-TWRP

Backup dan Restore EFS dengan Samsung Tool:

Meskipun posting ini sudah memiliki beberapa solusi untuk membuat cadangan dan memulihkan EFS / IMEI pada perangkat Samsung Galaxy, kami terus mencari metode lebih mudah. Samsung Tool oleh  ricky310711  dari forum XDA belum alat pintar lain yang memungkinkan Anda melakukan backup EFS ponsel Anda di img. format penyimpanan internal atau eksternal ponsel Anda. Bila diperlukan, Anda dapat mengembalikan EFS menggunakan alat yang sama.
backup-dan-restore-EFS
Didukung file EFS disimpan ke lokasi berikut  Storage / extSDCard / Samsung Alat . Kami menguji alat pada Samsung Galaxy S4 dan Catatan 3 dan bekerja fineBesides, Samsung Alat juga bekerja sebagai app manager reboot. Ini memungkinkan Anda reboot perangkat Samsung Anda ke Download dan Pemulihan mode tanpa menekan tombol hardware.

Download Samsung Tool:

Selain alat-alat yang dibahas dalam artikel ini, Anda dapat menemukan banyak orang lain yang bekerja dengan model perangkat tertentu. Anda dapat mencoba mereka juga! Dengan harapan bahwa terbukti bermanfaat untuk masyarakat, mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang berkaitan dengan topik, jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah ini. Salam Buat kluarga JB-Mania Cheers!
Sumber_droidviews.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

  1. Saya mengunakan samsung galaxy mega 5.8. Tolong saya!! Saya telah mengunakan EFS backup, setelah backup samsung galaxy mega saya tiba2 mati dan saya tekan baturn ON langsung tak hidup. So macam mana nak hidupkan kembali samsung galaxy mega saya...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar sobat dan dapatkan backlink satu arah langsung ke blog sobat dengan widget top komentator yang saya pasang di sidebar blog ini. Caranya dengan menjadi pemberi komentar terbanyak di blog ini, tapi mohon jangan Nyepam ya..! Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda.