Bootloop? Jangan Langsung di Flashing, Coba Cara ini!

Bootloop? Jangan Langsung di Flashing, Coba Cara ini!
JB Mania - Apa itu Bootloop? Bootloop adalah gabungan dari dua suku kata "boot" dan "loop". Dalam pengertiannya, Bootloop dalam Android adalah kegagalan Sistem Operasi Android dalam melakukan Startup, seperti Animasi Logo dan Merek perangkat, dan tentunya masalah Utama dari Bootloop ini sendiri adalah Tidak bisanya Android kita beroperasi kembali.
Jika kamu pernah mengalami stuck ketika menyalakan perangkat Android, Bisa jadi itu adalah tanda-tanda Android kamu mengalami Bootloop.

Joe punya beberapa pengertian tentang Bootloop dan bagaimana cara mengatasinya.
  • Light Bootloop
    Light Bootloop ini disebabkan karena kita pernah mengutak-atik bagian sistem utama dengan tidak menggunakan Recovery Mode, dan biasanya akibat dari Light Bootloop adalah Sementara, seperti Blank Screen.
    Cara Penyelesaian :  Shutdown Android kamu, Kemudian nyalakan lagi, Jika masih ada tingkah laku mencurigakan, Cabut dulu baterainya kemudian nyalakan lagi.
  • Medium Bootloop
    Medium Bootloop ini terjadi karena sudah mulai berani mengutak-atik sistem dari Recovery Mode, mulai dari meng-install script yang tidak jelas asal-usulnya.
    Cara Penyelesaian :  Harusnya sebelum melakukan aksi tersebut, kamu harus menyiapkan Backup-nya terlbih dahulu, lalu gunakan file backup tersebut untuk restore agar Android kamu kembali seperti semula.
  • Hard Bootloop
    Hard Bootloop adalah kasus paling puncak dari Android, ketika kamu sudah mendapatkan Hard Bootloop, tandanya adalah Android kamu tidak mau masuk, dalam arti hanya muter-muter di StartUp Awal (mati-nyala-mati-nyala).
    Cara Penyelesaian :  Segera bawa Android kamu ke Service center, atau jika ingin mencoba sendiri kamu harus paham dengan seluk-beluk Android.
Pada intinya, Jika kamu mengatasi Bootloop, jangan terburu-buru mengambil keputusan, kamu harus cari tau dulu masalahnya, barulah bertindak. Karena yang kita hadapi bukanlah barang murah. So, Bijaklah dalam bertindak :)
sumber'jalantikus.com